guestbook



Jumat, 02 November 2012

Adobe Photoshop Elements 11


Adobe Photoshop Elements 11, Versi Elements Pertama Yang Mendukung Fungsi Action

Mungkin Adobe Photoshop CS6 telah mencuri perhatian banyak orang, namun ternyata produk terbarunya yaitu Adobe Photoshop Elements diam-diam juga ikut berkembang. Saat ini telah hadir Photoshop Elements versi 11, yang merupakan software editing gambar yang matang dan canggih. Program ini menyediakan 90% dari fungsi tools Photoshop sepenuhnya.

Dalam Photoshop Elements hanya ada beberapa tambahan fitur baru. Walaupun tidak terlalu banyak penambahan fitur, namun fitur-fitur ini sangat berguna, mengingat Adobe telah berkonsentrasi pada tampilan dan nuansa dari programnya.

Adobe Photoshop Elements 11, Versi Elements Pertama Yang Mendukung Fitur Action

Sama seperti versi sebelumnya, Photoshop Elements 11 memiliki tampilan grey-on-grey yang lebih segar dan terang. Photoshop Elements 11 juga menampilkan teks yang jauh lebih mudah dibaca, ikon-ikon tools yang lebih jelas dan tampilan yang jauh lebih segar dan lebih menarik secara keseluruhan. Perbaikan yang dilakukan Adobe tidak hanya terdapat pada kulit luarnya saja. Photoshop Elements 11 memiliki tools yang lebih intuitif dengan penyesuaian yang mudah dan cepat serta lebih cerdas pada proses pengeditan gambar.

Organiser

Organiser pada Photoshop Elements 11 adalah alat untuk katalogisasi, mengambil, mencetak dan pengisian warna pada gambar. Fitur ini menawarkan berbagai teknik untuk membuat proses lebih mudah, dari pengenalan wajah hingga geo-tagging, di mana jika Anda ingin mencari satu file di antara beribu file gambar yang dimiliki, Anda tinggal mencarinya berdasarkan tanggal pengambilan gambar, atau lokasinya saja. Sayangnya, pada fitur pengenalan wajah masih mengalami kekurangan, terkadang mengalami miss saat proses identifikasi.

Anda dapat melakukan beberapa perbaikan gambar rutin dengan Organiser pada Adobe Photoshop Elements 11. Untuk meningkatkan ketajaman gambar, kontras, warna dan proses lain, Anda tinggal mengklik satu tombol. Fungsi ini bekerja untuk menangani proses pengeditan gambar yang dipilih pada jendela Editor.

Sebuah aplikasi yang sama sekali terpisah, file ditransfer dari Organiser ke Editor untuk proses pengeditan, ini adalah proses yang cukup sederhana. Bahkan bagian pengeditan yang ditawarkan langsung oleh Organiser, seperti membuat kalender dan buku foto, sebenarnya diproses oleh Editor.

Editor

Di sinilah bagian utama dari Photoshop Elements 11 berada. Ini dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda, masing-masing bagian disesuaikan dengan tingkat kemahiran pengguna, yaitu Quick, Guided dan Expert. Meskipun ketiga mode ini mampu bertindak secara independen satu sama lain, Anda dapat berpindah dari satu mode ke mode yang lainnya. Ini memberikan manfaat yang cukup berarti, terutama jika Anda berpindah dari mode Guided ke Expert.

Adobe Photoshop Elements 11, Versi Elements Pertama Yang Mendukung Fitur Action

Pada ketiga mode ini, bagian Options yang menunjukkan pengaturan kerja tools telah berpindah dari bagian atas ke bagian bawah layar. Bagian ini menunjukkan cara kerja tools yang lebih jelas dan lebih mudah dimengerti. Bersama dengan panel tools dan panel samping, hal ini tentu memakan banyak ruang pada layar, namun ada modus panel mengambang bagi mereka yang lebih menyukai tampilan layar yang rapi.

Mode Quick

Pada mode ini, hanya ada beberapa tools untuk menyeleksi, redeye, tooth brightening, text dan healing. Smart Fix, Exposure, Colour dan tombol lain yang merupakan efek sekali klik pada Organiser, sekarang telah terbuka pada panel di sisi kanan layar, masing-masing menunjukkan gambar target. Anda tinggal mengklik panah yang ada di sisi kanan salah satunya, untuk membuka dan memilih mode gambar yang dikehendaki.

Ada juga kontrol sederhana lain yang memudahkan Anda untuk menyesuaikan warna, Saturation dan Hue or Vibrance. Kontrol ini juga memiliki tombol Auto. Walaupun terdapat perubahan pada posisi panel-panelnya, namun menu-menu yang ada masih menawarkan fungsi penuh Photoshop Elements 11, dengan akses ke semua filter, penyesuaian dan teknik. Quick Mode yang disediakan untuk pemula dapat memudahkan dalam proses pengeditan di Adobe Photoshop Elements 11 ini.

Adobe Photoshop Elements 11, Versi Elements Pertama Yang Mendukung Fitur Action

Mode Guided

Dalam mode ini, semua tool dan panel yang tersembunyi, menyimpan untuk satu panel yang menyajikan Anda serangkaian pilihan. Pilihan-pilihan tersebut di antaranya adalah Touchups (koreksi skin tone, penambahan warna, penghapusan goresan dan noda, dan sebagainya), Photo Effects (depth of field, efek Orton, dan sekarang menampilkan tilt-shift, efek high key dan low key) dan Play Photo (out of bounds, pop art, picture stack, reflection). Memilih salah satu dari pilihan tersebut akan memandu Anda melewati proses pengeditan, fungsi-fungsi tersebut menjadi tangan virtual Anda untuk melakukan penyesuaian terhadap gambar-gambar yang dipilih, memfilter, dan menerapkan tambahan. Semuanya dilakukan tanpa memilih menu.

Semuanya dilakukan dengan sangat mudah, menunjukkan bahwa hampir semua orang dapat membuat efek spektakuler dengan mudah. Hal ini karena setiap orang dapat mengedit gambar sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga para pengguna menjadi lebih nyaman saat menggunakan software ini. Mode Guided dapat memberikan pengalaman belajar yang hebat, karena menunjukkan kekuatan Photoshop Elements 11 tanpa menyusahkan pengguna, bahkan yang masih pemula.

Mode Expert

Kejutan terbesar datang ketika Anda membuat efek dalam mode Guided, dan kemudian beralih ke Expert. Gambar yang telah diedit sebelumnya akan ditampilkan sebagai rangkaian layer (lapisan), masks, adjustments dan filter.

Hal ini memiliki dua fungsi utama, yaitu memungkinkan Anda untuk mengedit gambar yang dibuat, fine-tuning, menyesuaikan mode layer dan mengecat mask yang diperlukan, dan juga memungkinkan pengguna baru untuk belajar banyak tentang bagaimana efek sebenarnya yang sudah dibuat.

Selain tampilan bersih dan cerah, manfaat mode Expert bisa Anda peroleh dari beberapa filter baru. Seperti pada efek Lens Blur, terdapat filter Comic, Graphic Novel dan Pen and Ink, yang semuanya menghasilkan beberapa tampilan gambar.

Anda pasti akan mendapatkan keuntungan baru dari dialog Photoshop Elements 11 s Refine Edge, yang sekarang telah sepenuhnya diperbarui untuk menyediakan alat-alat canggih untuk guntingan gambar. Tidak hanya menghaluskan tepi, tapi mengisolasi daerah sulit seperti rambut dari latar belakang yang sulit.

Kesimpulan

Jauh lebih mudah untuk menambahkan preset dalam versi baru ini dari pada Photoshop Elements 10 dan yang lainnya. Versi ini merupakan versi Elements pertama yang mendukung fungsi Action, sistem otomasi yang memungkinkan Anda untuk menjalankan serangkaian efek yang kompleks dengan sebuah keystroke. Photoshop Elements 11 adalah sebuah program yang matang, program cerdas dengan antarmuka yang lebih mudah dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More